Apa itu SEO?
Pengertian SEO
Sebelum berkenalan lebih jauh dan menjadi Pakar SEO, kita harus tahu dulu mengenai arti dari SEO itu sendiri. SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan dari SEO adalah jelas supaya web/blog kita selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu search engine, sehingga dengan selalu diatas, maka besar kemungkinan web/blog kita sering dikunjungi.
Algoritma dan mekanisme suatu search engine tidak bisa diprediksi dengan benar. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui, sehingga SEO selalu menjadi Misteri yang sangat menarik untuk dipelajari. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan supaya bisa menjadi peringkat yang lebih baik di search engine:
- Nama domain yang bagus
- Hosting yang stabil dan uptime > 99%
- Keyword Sugestion
- Build Link
Dan beberapa faktor pendukung lainnya yang sangat banyak sekali jika disebutkan. Ada Banyak situs yang membahas masalah SEO, tidak hanya di pakar SEO, tapi ada juga di master SEO atau bahkan Newbie di Bidang SEO
Pengertian SEO lebih lengkap
Di dunia internet ada dua macam tipe search engine atau pencarian situs yaitu Search engine (mesin pencari) dan web direktori. Mahluk apakah itu ??? Simak penjelasan di bawah ini :
Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.
Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut.
Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih bayak lagi. Berbeda dengan web directory yang meng-index halaman website di internet secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki bisasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine.
Itulah sebabnya sekarang ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan directory + search engine. Contoh nyata adalah Yahoo yang menggandeng Google sebagai search engine default-nya. Contoh beberapa directory terkenal selain Yahoo adalah Open Directory Project, Looksmart, dan NBCi.
Apa itu META TAG?
Meta Tag atau Meta Elements adalah Elemen HTML atau XHTML digunakan untuk menyediakan metadata terstruktur tentang halaman Web. Elemen tersebut harus ditempatkan sebagai tag pada bagian HEAD dari dokumen HTML atau XHTML. Meta elemen dapat digunakan untuk menentukan deskripsi halaman, kata kunci dan setiap metadata lain yang tidak disediakan melalui unsur-unsur HEAD dan atribut lainnya.
Elemen meta memiliki empat atribut yang valid: content, http-equiv, name, and scheme. Dari jumlah tersebut, hanya content adalah atribut yang diperlukan.
Content Type
Salah satu, Meta tags dapat menentukan unsur HTTP header yang harus dikirim sebelum konten yang sebenarnya berupa halaman HTML disajikan dari server web ke klien.
Contoh :
Content-Language
Meta Tags dapat digunakan untuk menyatakan bahasa yang digunakan dari dokumen. Ini mempermudah bila pencarian mengggunakan sistem robot dari mesin pencari yang mengkategorikan menurut bahasa.
Contoh :
Content-Style-Type
Contoh :
Content-Type
Jenis konten HTTP dapat dipergunakan memberikan tentang karakter yang digunakan, bersifat spesifik seperti : karakter jepang, cina atau arab.
Contoh :
Robots
Kontrol robot mesin pencari terhadap web secara per halaman.
Contoh :
Robot dapat membaca halaman ini tapi tidak melakukan indeks.
Catatan tentang robot :
NOINDEX : mencegah apapun di index pada halaman tersebut
NOFOLLOW : mencegah mesin pencari mengikuti link pada halaman dan mengindeks halaman yang terhubung
NOIMAGEINDEX : mencegah gambar pada halaman diindeks tapi teks pada halaman tersebut dapat diindeks.
Description
Penjelasan pendek tentang halaman dari dokumen html tersebut
Contoh :
Keywords
Meta Elements dapat menetapkan nama dan konten yang mengambarkan kata kunci terkait dari halaman HTML. Sebagai contoh : bila web kita tentang pendidikan maka kata kunci yang diberikan adalah pendidikan, sekolah dasar, sekolah atau apapun yang berkaitan.
Contoh :
Zipcode
Meta tag dapat juga digunakan untuk menunjukkan lokasi bisnis berada, dengan menampilkan kode pos. Misalnya kantor kita berada di jalan tunjungan surabaya maka kode pos nya 60275
Contoh :
Expires
Tanggal dan waktu setelah dokumen tersebut harus dipertimbangkan kadaluarsa. Kontrol cache dalam HTTP/1.0. Pada Netscape Navigator, permintaan untuk dokumen yang telah berlalu waktu berakhir akan menghasilkan permintaan baru (mungkin dengan Jika-Diubah-Sejak). Sebuah tanggal berakhir dianggap ilegal, misalnya "0", ditafsirkan sebagai "sekarang". Menetapkan Berakhir ke 0 sehingga dapat digunakan untuk memaksa cek modifikasi pada setiap kunjungan.
Web robot dapat menghapus kadaluarsa dokumen dari mesin pencari, atau jadwal kembali. Tanggal harus diberikan dalam format RFC850, dalam GMT.
Contoh :
Sumber : Vancouver Web Pages – Wikipedia
Previous article
Next article
0 Response to "Apa itu SEO?"
Posting Komentar
Dengan teramat senag hati jika anda memberikan komentar barang sekata dua kata. Masukan anda akan menjadi pertimbangan di blog saya.TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA semoga kita bersama peroleh sukses mulia dan sejahtera di bawah naungan rahmat Sang Pencipta kita Allah SWT...